Friday, August 1, 2008

Internet

MASA DEPAN BISNIS INTERNET
Mungkin anda adalah seorang yang pernah berpikir, kira-kira seperti apa masa depan bisnis internet. Apakah bisnis internet hanya trend sesaat dan kemudian hilang satu persatu? Saya ingin menjawabnya dengan: bisnis internet adalah masa depan bisnis indonesia dan bahkan dunia.


Anda tentu masih ingat ketika dulu komputer masih merupakan barang mewah dan langka dan mahal. Waktu itu komputer masih cenderung hanya untuk kebutuhan kantor. Sedangkan yang memiliki komputer dirumah bisa dihitung dengan jari saja. Namun coba anda lihat sekarang ini, komputer pribadi begitu mudah kita jumpai dirumah-rumah, terutama didaerah perkotaan. Bahkan memiliki laptop sekalipun, bukan lagi merupakan hal yang wah..
Demikian juga halnya dengan telepon genggam atau ponsel. Dulu orang yang bisa memiliki ponsel masih langka. Namun dalam waktu singkat ponsel sudah merupakan barang biasa. Pertanyaan yang muncul bukan lagi “anda punya ponsel atau tidak” melainkan “berapa nomor ponsel anda”.
Memasuki Era Internet
Saat ini barang teknologi yang masih cenderung merupakan barang langka adalah akses internet. Kebanyakan orang Indonesia masih mengakses internet melalui warnet. Namun… perkembangannya sudah mulai terlihat. internet sudah bisa diakses dari rumah denga menggunakan jasa provider internet dan bahkan internet bisa diakses hanya dengan sebuah komputer dan sebuah ponsel yang memiliki fasilitas modem. Lebih canggihnya lagi, internet sudah bisa dinikmati hanya melalui sebuah PDA atau atau smartphone, walaupun masih dengan kemampuan belum sesempurna komputer PC ataupun laptop.
Dan suatu saat nanti, saya yakin internet akan memiliki cerita seperti komputer, ponsel, dan Televisi. Dalam waktu kurang dari 10 tahun lagi, saya yakin di rumah-rumah perkotaan kita akan mudah menjumpai komputer yang sudah memiliki akses internet.
Artinya dengan perkembangan internet, maka gaya hidup manusia juga akan berubah. Gaya berbelanja dan gaya berbisnis akan berubah. Orang akan terbiasa berbelanja melalui internet, baca berita melalui internet, dan bahkan menjalankan bisnis melalui internet.
Banyak pakar ekonomi berkata bahwa pada suatu waktu nanti, semua orang perlu memikirkan untuk memulai bisnis untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ini karena, kebutuhan hidup semakin meningkat, harga barang semakin naik dan yang penting sekali, gaya hidup (lifestyle) turut meningkat.
Satu hari nanti, kita akan sangat sulit untuk hidup dengan hanya “makan gaji”. Bisnis secara sambilan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan.
Jika saat ini anda belum memiliki bisnis internet, fikirkan keadaan ini. Mulailah merancang untuk memulai bisnis internet anda.
Kalau dulu TV hitam putih sudah merupakan barang mewah, namun kini TV berwarna sudah merupakan barang biasa. Kalau sekarang buka usaha dengan membuka toko ditempat strategis merupakan usaha yang sangat menguntungkan, maka suatu waktu nanti, ia akan bernasib seperti TV hitam putih. Karena orang sudah biasa belanja melalui internet.
Mulailah belajar bisnis internet dan mulailah membuka bisnis internet anda sendiri. Jika anda memulai dari sekarang, maka tindakan anda sudah sangat tepat. Anda tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis online anda.
Jangan sampai ketika orang banyak sudah memiliki TV berwarna, anda harus puas dengan TV hitam putih saja. Antara kaedahnya adalah usaha melalui internet adalah memeberi kebebasan
memulai bisnis dari rumah dengan modal yang kecil dan peluang mendapatkan pelanggan seluruh dunia.
Keunggulan Bisnis Internet
Salah satu keunggulan bisnis internet yaitu factor leverage (daya ungkit) pemasaran produknya. Bila Anda menjalankan bisnis offline biasanya Anda dibatasi oleh suatu wilayah, daerah, atau negara dalam memasarkan produk dan jasa Anda.

Tetapi dengan menggunakan media internet, Anda bisa memiliki daya ungkit pemasaran ke seluruh dunia sekalipun. Pasar Anda sangat besar.

Dengan pasar yang sangat besar tersebut, akan memberikan factor kali yang sangat besar dalam menghasilkan uang. Bisnis Internet juga bisa diotomatisasi dengan menggunakan sistem, sehingga ibaratkan Bisnis Internet Anda adalah sebuah toko, maka toko Anda tersebut akan buka nonstop melayani pembeli dari seluruh dunia. Karena itu, saya percaya bisnis internet bisa membuat orang menjadi kaya lebih cepat.

Apa itu Bisnis Internet ?

Secara umum, definisi bisnis internet adalah bisnis yang menggunakan internet sebagai media pemasaran produk dan jasanya. Jadi internet hanyalah sebatas media. Produk yang bisa dipasarkan bisa berupa produk fisik maupun produk digital. Produk fisik memerlukan pengiriman produk melalui pos, sedangkan produk digital menggunakan akses koneksi internet untuk mendownload produk digital tersebut ke komputer pembeli.

Jadi bisnis internet bukanlah bisnis yang rumit, hanya media yang Anda gunakan berbeda dengan bisnis offline sehari-hari , yaitu media yang dipakai adalah jaringan internet. Pada saat sekarang ini sudah banyak bisnis offline yang memiliki website. Tetapi website tersebut hanya terbatas memberikan informasi, belum bertujuan untuk menjual atau memasarkan produk online. Alangkah baiknya jika jaringan internet ini bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk Anda, melihat potensi dan keunggulan dasar dari Bisnis Internet.

Tingkatkan Dollar Adsense Anda dengan High Paying Keywords
Bagi anda para pemula di adsense, jika telah mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dalam tiga artikel saya sebelumnya (adsense, niche, dan adwords), berarti sekarang anda sudah punya sebuah web atau blog yang sudah ditempelin iklan adsense. Ibarat jualan toko sudah jadi, sekarang tinggal mencari pembeli, atau traffic situs anda. Ada banyak cara untuk meningkatkan traffic, seperti dari search engine, forum, komunitas, mailing list, ezine publishing, pay per click advertising dan lain-lain. Namun sebelum mempromosikan situs anda, ada baiknya dilihat lagi tema atau niche situs anda, apakah kata kunci di situs termasuk kata kunci yang dibayar tinggi atau high paying keywords (HPK) atau tidak, agar aktivitas promosi anda tidak sia-sia dan bisa menghasilkan income yang berarti.

Catatan : Tulisan ini dalam konteks jika tipe situs anda adalah tipe marketer yang menyediakan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan tuntutan market, bukan berdasarkan pada hobi atau keahlian anda.

High Paying Keywords (HPK) adalah kata-kata kunci yang mempunyai nilai pay per click (PPC) yang tinggi, tentu setiap adsenser ingin iklan yang muncul di situsnya mempunyai nilai PPC yang tinggi, bagaimana cara agar iklan HPK ini muncul, ya tentu saja dengan membuat situs dengan tema / niche High Paying Keyword. Berapa sih nilai keyword yang bisa disebut HPK? Itu sih relative, tapi menurut saya keyword dengan nilai PPC lebih besar dari 10 dolar per klik sudah termasuk HPK.

Untuk ilustrasi lebih jauh, contohnya sebagai berikut : Misalkan anda mempunyai dua buah situs, misalkan situs pertama dengan topic A yang mempunyai nilai PPC rata-rata 1 dolar per klik, sedangkan situs kedua dengan topic B mempunyai nilai PPC yang termasuk HPK dengan nilai 12 dolar per klik. Untuk mempromosikan situs , usaha yang anda keluarkan sama (kalaupun beda pasti tidak terlalu jauh), dan diakhir bulan hasil klik yang anda dapatkan kutang lebih sama, misalkan 100 klik untuk kedua situs. Berapa pendapatan masing-masing situs ? situs pertama dengan topic A dapat 1 dolar dikali 100, sama dengan 100 dolar, situs kedua dengan topic B yang bernilai HPK dapat 12 dolar kali 100, sama dengan 1200 dolar, jauh sekali kan bedanya?. Bisa diibaratkan seperti manajer di Indonesia dan Amerika yang bekerja di sebuah perusahaan sama, mempunyai posisi dan pekerjaan yang sama, kemampuan sama, tapi gajinya beda, karena yang di Amerika mempunyai nilai High Paying Keywords.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana menemukan high paying keywords? Ini memang susah-susah gampang, untuk mengetahuinya anda perlu melakukan trial di Google Adwords ( lihat artikel adwords sebelumnya untuk mengetahui cara membuat account), masukkan satu keyword dan cek berapa PPC-nya., dari pengalaman, kata-kata yang termasuk HPK adalah keyword di bidang keuangan seperti insurance, loan dan frasa-frasanya ( auto insurance, home loan, etc, silahkan dikembangkan lagi dengan tools di adwords), atau yang berhubungan dengan internet sendiri, seperti domain name, server hosting, pay per click, search engine marketing dan sejenisnya.
Sekarang jika anda sudah menemukan keyword yang bernilai HPK, sebelum mengimplementasikannya, ada satu test atau pengecekan lagi yang perlu dilakukan, yaitu apakah iklan yang ditampilkan relevan dengan HPK yang anda bidik?. Ini sanagt perlu, karena meskipun situs anda mempunyatema yang sesuai dengan HPK, tetapi iklan yang kelaur tidak relevan dengan HPK, ya sama saja sia-sia. Sebagai contoh coba bandingkan dua website berikut http://ppcsem.blogspot.com/ dan http://insurance-guide.blogspot.com/ . Kedua situs tersebut mempunyai High Paying Keywords, yang pertama situs dengan topic pay per click dan search engine marketing, yang kedua tentang insurance. Coba perhatikan iklan yang keluar dari situs diatas. Yang pertama , iklan Ads by Google yang ditampilkan sejalan atau relevan dengan isi website , artinya isi situs berhasil mencapai target, sedangkan yang kedua kurang sejalan atau ada yang tidak relevan, , padahal umur situs http://ppcsem.blogspot.com/ lebih pendek dari http://insurance-guide.blogspot.com/ ,dan artikelnya lebih sedikit, kenapa situs yang kedua tidak menghasilkan iklan yang relevan? Karena keywords insurance meskipun termasuk HPK, dia tidak bernilai global, maksudnya para pengiklan insurance hanya mau iklannya muncul di Negara tertentu saja, misalkan amerika atau eropa, tidak di seluruh dunia, karena kebutuhan untuk produk insurance belum merata secara global. Sedangkan untuk keyword pay per click, merupakan HPK yang bernilai global, dan targetnya bisa berlaku di seluruh dunia.

Jadi, kesimpulannya, jika situs anda bertipe marketer penyedia informasi, pilihlah topic yang mempunyai High Paying Keyword, setelah mendapatkan HPK, lakukan tes dan seleksi, pilih HPK yang bernilai global, sehingga iklan yang keluar di situs anda juga bernilai tinggi.....(dari ...Robertson Watutamata)


Pemerintah Akan Bahas Protokol Internet Masa Depan
detikinet

Jakarta - Pemerintah akan menggelar workshop tentang protokol internet masa depan (Internet Protocol versi 6 atau IPv6). Para stake holder teknologi informasi (TI) di Indonesia akan dilibatkan. Berbagai permasalahan yang mungkin menghambat implementasi IPv6 diharap dapat segera dicari jalan keluarnya.

Pemerintah yang dalam hal ini diwakili oleh Direktorat Jendral Pos dan Telekomunikasi (Ditjen Postel), berencana menggelar Workshop sehari IPv6 pada tanggal 28 November 2005 di Hotel Hilton, Jakarta.

Tujuan diselenggarakannya workshop itu dalam situs resmi postel, Minggu (27/11/2005), demi mengantisipasi perkembangan internet dengan segala dampak dan peluang yang akan timbul.

Dalam rangka melakukan implementasi secara komprehensif mengenai keberadaan IPv6, para stake holder teknologi informasi (TI) di Indonesia baik di lingkungan swasta, operator, lembaga penelitian, penyedia konten dan pemerintahan maupun perguruan tinggi, dipandang perlu dilibatkan dalam hal sosialisasi dan uji cobanya.

Workshop IPv6 ini terselenggara atas inisiatif Ditjen Postel untuk melakukan sinkronisasi dan mendorong pemanfaatan IPv6 secara luas, yang bertujuan agar dunia TI di Indonesia mendapatkan competitive advantage serta kesempatan yang lebih luas, mengingat Indonesia berpotensi menjadi pelopor penerapan IPv6 di kawasan Asia Tenggara.

Pengganti IPv4 yang Menipis

IPv6 sendiri merupakan protokol pengalamatan internet generasi baru yang dimaksudkan untuk menggantikan Internet Protocol versi 4 (IPv4) yang digunakan saat ini dan sudah hampir habis sumber dayanya.

Secara teknis operasional, IP Address adalah alamat pengenal yang harus ada di setiap mesin yang terkoneksi ke Internet. Keberadaan IPv4 yang telah berusia 20 tahun mulai menimbulkan masalah karena jumlahnya yang terbatas dan semakin berkurang, sementara pertumbuhan dan penambahan mesin ke dalam Internet semakin meningkat.

Nyatanya, IPv4 memiliki sekitar empat miliar alamat IP, sedang IPv6 memiliki alamat IP yang diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga di tiap inci permukaan bumi. Dengan makin banyaknya perangkat teknologi informasi dan telekomunikasi yang menggunakan IP, hal itu serta merta menjadikan IPv6 sebagai solusi atas keterbatasan IPv4.

Selain memiliki alamat yang berlimpah, IPv6 juga dapat memperbaiki sejumlah kemampuan routing, security dan network auto configuration. Jadi secara operasional, IPv6 akan menggantikan IPv4 secara bertahap dan keduanya tetap dapat berjalan sinergis selama masa transisi.

Rujukan Untuk SIN

IPv6 merupakan potensi sumber daya yang bersifat strategis karena memungkinkan terwujudnya aplikasi publik yang terintegrasi, sehingga pemanfaatan IPv6 akan berimplikasi luas kepada masyarakat.

Selain menjadi aplikasi internet konvensional, keberadaan IPv6 juga memiliki kemampuan teknologi yang cukup untuk digunakan sebagai basis layanan utama telekomunikasi bergerak (seluler), termasuk dapat digunakan sebagai single identity number (SIN) di masa depan bagi setiap orang.

Dengan sifatnya yang portabel serta interoperabel, maka IPv6 juga bisa digunakan di manapun untuk aplikasi yang berbeda pada saat yang sama, serta dapat juga dimanfaatkan untuk aplikasi remote atau surveillance (monitor-red).

Regulasi Pemerintah

Di situs itu pula dikatakan, Pemerintah (Depkominfo dan Ditjen Postel) bersama komunitas Internet dan akademisi, berjanji akan proaktif untuk mengawal transisi IPv4 keIPv6. Dengan peran serta Pemerintah, diharapkan masyarakat akan mendapatkan jaminan terhadap keberlangsungan proses transisi aplikasi Ipv6 yang aman dan lancar.

Pemerintah juga mengatakan akan menyiapkan road map perubahan IPv4 ke IPv6 yang akan mendorong perkembangan dan daya saing industri, khususnya industri dalam negeri di Indonesia, dalam mendapatkan keuntungan dari perubahan tersebut.

Artinya, apabila telah ada standar yang baku, maka tiap aplikasi baru maupun produk barang yang masuk ke Indonesia harus comply dengan regulasi, standar teknis dan implementasi IPv6 dan best practice-nya yang berlaku di Indonesia.

Road Map APRICOT 2007

Melalui workshop itu pula diharapkan berbagai permasalahan yang mungkin menghambat implementasi IPv6 dapat diinventarisir dan dicari jalan keluarnya melalui mekanisme Pemerintah.

Hasil-hasil road map serta laporan-laporan institusi lainnya dikatakan juga dapat disusun ulang sebagai basis materi yang merupakan bentuk Indonesia Country Report on IPv6 Implementation pada forum-forum Internasional.

Seperti diketahui, pada Tahun 2007 Indonesia akan menjadi panitia persiapan dan penyelenggara forum Asia Pacific Regional Internet Conference on Operational Technologies (APRICOT), yang merupakan konperensi teknologi informasi tingkat Asia Pasifik.

Acara tahunan yang digelar sejak 1996 itu, diharapkan bisa meningkatkan mutu SDM (sumber daya manusia) lokal.

Sehubungan dengan hal tersebut, tim IPv6 perlu meningkatkan pendalaman materi-materi yang akan menjadi bahan country report serta melakukan update terhadap road map melalui pertemuan secara berkala dan dengan memberikan tenggang waktu yang cukup untuk persiapan ( rou )

No comments: