Monday, August 30, 2010

tips merawat mobil dan mengatasinya

Berikut kumpulan tips pemeriksaan awal kendaraan.
pertama
1. Periksa kondisi seluruh sistem rem apakah ada suara-suara asing yang muncul saat pengereman. Lihat ke kolong mobil untuk memastikan tidak adanya minyak rem yang melumuri bagian luar sistem roda. Apabila terdeteksi adanya suara dan lumuran minyak rem dibagian luar, atur jadwal untuk pengecekan.

Cek level minyak rem, tambahkan bila perlu. Apabila pengurangan level minyak rem terjadi begitu cepat, bisa jadi hal ini disebabkan kebocoran pada selang-selang minyak rem.


2. Lihat angka di odometer untuk memastikan jarak yang telah dicapai sepanjang liburan. Sesuaikan dengan batas penggantian oli akhir yang harus dilakukan. Bila telah melebihi batas rekomendasi mekanik, segera buat jadwal penggantian oli.

3. Cek suspensi karena beban berat yang dibawa selama mudik akan mempengaruhi kinerja sistem suspensi di kemudian hari. Kerusakan suspensi dapat diketahui dengan menekan mobil mobil ke bawah. Apabila terjadi gerakan ayunan yang berulang-ulang, berarti ada pelemahan sistem shock breaker atau pegas. Suspensi rusak umumnya menimbulkan suara ketika mobil dijalankan.

4. Cuci mobil anda secara detil dan seksama. Jika anda mengetahui mekanisme mencuci mobil yang tepat, boleh dilakukan sendiri di rumah. Bisa juga menyerahkan pekerjaan pada pencuci mobil profesional agar hasilnya lebih detil, baik eksterior, interior hingga ruang mesin. Pembersih mobil profesional mampu memberikan formulasi guna menjaga permukaan cat bodi yang bertahan hingga tiga atau empat bulan ke depan.

5. Perhatikan konsisi seluruh ban. Permukaan jalan bisa mengikis permukaan ban. Apabila ban tidak rata, lakukan balancing dan atau spooring roda. Perhatikan tingkat tekanan angin di setiap roda. Periksa baut-baut roda yang mulai mengendur.

6. Cek kemudi karena jalan bergelombang atau rusak bisa merusak sistem kemudi mobil. Apabila terdapat gerakkan di lingkar kemudi yang terlalu renggang dan roda tidak bergerak ke samping, bisa dipastikan telah terjadi kerusakan teknis.

7. Cek Air Conditioner (AC) karena udara kotor dan berdebu selama perjalanan bisa mempengaruhi kondisi teknis AC. Suhu AC yang tidak dingin bukan selamanya disebabkan oleh kekurangan freon

kedua
Persiapan Mobil :
1.Tune up mobil minimal 1 minggu sebelum berangkat.
Hal – hal yang perlu diperhatikan pada saat tune – up :
Cek Oli : mesin,gardan,persneling,oli rem.
Kaki-Kaki : kampas rem,kondisi ban.
Cadangan Air : air radiator,air wiper
Lain-Lain : kampas kopling,tali kipas,timing belt

2.Cek kelistrikan mobil (lampu depan, lampu sign,lampu rem, lampu mundur,lampu kabin dll)
3.Cek kondisi aki mobil.
4.Cek kondisi ban serep.
5.Cek kelengkapan mobil : dongkrak,kunci roda,senter,payung,sarung tangan,air cadangan untuk radiator dll.
6.Taruh peralatan yang kemungkinan dipergunakan pada kondisi darurat ditempat yang mudah dijangkau (dongkrak,kunci roda,senter,payung,sarung tangan, air cadangan radiator dll)
7.Cek keseimbangan mobil, jika diperlukan ban harus di Balance dan Spooring.
8.Cek kondisi AC.
9.Cek Karet wiper, jika kinerja wiper sudah tidak bagus perlu diganti dengan yang baru.

ketiga

Tips 1....
MENGATASI RADIATOR PANAS
"Indikator suhu mesin menunjukan panas yg berlebihan, anda dapat melakukan langkah2 sebagai berikut ; Pertama-tama hentikan kendaraan & kap mesinnya. Diamkan selama kurang lebih 30 - 60 menit ( hingga air radiator tdk terlalu panas),kemudian buka tutup radiator, bila ternyata kekurangan air,tambahkan air atau radiatot coolant disarankan ke dalamnya. Cek selalu indikator sepanjang perjalanan anda.

Tips 2....
MENGGANTI BAN KEMPES
"Bila ban mobil anda kempes ditengah jalan, ada beberapa langkah praktis utk menggantinya.
Parkir kendaraan anda pada jalan yg rata & agak kuat, hidupkan lampu hazard dan minta agar seluruh penumpang keluar dari dalam. LAlu kendorkan 4 mur dgn setengah putaran & dongkrak mobil pada titik penyangga. Lepaskan ban yg kempes & ganti Dgn ban cadangan.
Pastikan ban sudah sesuai.

Tips 3......
MERAWAT & MEMELIHARA AKI / ACCU
" Bersihkan kutub-kutubnya dari kerak & lumasi dengan gemuk. Hindari masuknya kotoran ke dalam sel aki. Bila air aki dibawah indikator Jower Jevel, Tambahkan air murni atau aquadest ke dalamnya.
Dan bila anda mengalami susah stater, klakson lemah Atau lampu meredup,maka aki harus diisi arus listrik / charge segera.

Tips 4......
INDIKATOR YG HARUS DIPERHATIKAN
" Perhatikan selalu beberapa indikator pada panel instrumen saat berkendara,seperti jarum penunjuk Temperatur ( pastikan ytidak mencapai kondidi HOT )
LAmpu CHG atau pengisian ( pada saaat mobil dalam dalam keadaan hidup,lampu harus mati), Lampu Oli (pada saat mobil dalam keadaan hidup ,lampu harus mati ), & jarum Penunjuk Volume Bahan Bakar (upayakan utk tidak sampai mencapai EMPTY ).

Tips 5.......
AMAN & NYAMAN DI JALAN
"Untuk menikmati berkendara saat perjalanan jauuuuuhhh, maka gunakanlah selalu sabuk pengaman & patuhi peraturan lalu lintas. Siapkan perlengkapan seperti surat-surat, segitiga pengaman, Kotak P3K, tool kit, ban cadangan , oli cadangan & lain2.
Bila anda mengantuk dalam perjalannan, sebaiknya menepi ke pinggir jalan & beristirahat.

Tips 6......
PENGGANTIAN OLI
"Apabila oli anda menunjukan tanda-tanda : warnanya menjadi hitam pekat, atau menjadi sangat cair dibandingkan dengan aslinya, maka sudah saatnya utk diganti agar tidak merusak mesin.
Pemakaian normal oli mesin rata-rata adalah 5000 km, atau kurun waktu 3 bulan.

keempat
A. Mesin
- Servis / Tune Up
Servis ringan / tune up-lah mesin mobil anda seminggu sebelum melakukan perjalanan mudik, karena biasanya banyak bengkel mobil yang tutup menjelang hari raya Idul Fitri. Dengan melakukan servis ringan / check up parts, sehingga kondisi parts ataupun kelainan pada mesin dapat diketahui dan dapat segera diperbaiki atau diganti bila memang waktunya, misalnya injector/ karburator, busi dan kabelnya, kabel delco, tali kipas dan banyak lagi

- Pemeriksaan Radiator
Periksalah kondisi radiator agar terhindar dari temperature mesin meningkat tinggi (Engine Overheating). Apakah ada kebocoran atau tidak pada radiator, setelah itu cek ketinggian permukaan air radiator, jika kurang segera isi. Pastikan air yang dipakai dalam kondisi yang bagus, jika air didalam radiator sudah terlihat keruh sebaiknya lakukan pengurasan. Jangan lupa cek juga kondisi selang-selang penghubung radiator, segera ganti jika terlihat sudah mengeras atau menggelembung.

prepare-mudik2
- Ganti Oli Mesin
Sebaiknya ganti oli mesin dengan yang baru meskipun hitungan kilometer untuk oli lama belum waktunya diganti. Penggantian oli mesin ada baiknya dilakukan saat melakukan servis / tune up mesin dibengkel.

- Periksa Kondisi Koil (Coil)
Kondisi Coil juga perlu diperhatikan, karena apabila coil kurang baik dapat membuat mesin mudah panas, terutama dijalanan yang macet. Temperatur yang tinggi akan menggangu dan merusak mesin, bisa-bisa akan mogok ditengah jalan.

- Cek Sistem Kelistrikan dan Pengisisannya
Periksalah dinamo starter, alternator, kalau perlu diservis atau diganti. Begitu juga dengan kondisi accu (Aki), bila sudah terasa melemah dan terlihat lempengan sel-nya sudah berkarat segera ganti baru.

- Pemeriksaan Kopling (Persneling Manual)
Periksa bahwa pedal kopling memiliki gerak bebas sebesar 3-6mm. Pastikan kopling tidak slip, akibat kanvas kopling yang aus dan setelan kopling yang tidak tepat. Karena bila kopling slip dapat menyebabkan mobil tidak bertenaga, terutama saat menanjak.

- Pemeriksaan Saringan (Air, Oil & Fuel Filter)
Periksa dan bersihkan saringan udara (Air Filter), Jika terlihat sudah sangat kotor atau telah menempuh perjalanan 20.000 Km, begitu juga dengan fuel filter-nya ganti,segera ganti dengan yang baru. Pada mesin juga terdapat saringan oli (Oil Filter), segera ganti jika telah digunakan sampai 10.000 Km lamanya.

B. Kaki-kaki & Eksterior
- Pemeriksaan Rem
Pemeriksaan rem ini mencakup : Periksa selang dan master rem jangan sampai ada kebocoran, segera perbaiki atau ganti jika ada kebocoran minyak rem ; Cek volume minyak rem, jika berkurang segera isi hinga batas maksimal ; Cek permukaan kanvas rem (Brake Pad), jika telah menipis segera ganti baru ; Cek kinerja remnya, apakah berfungsi dengan baik atau tidak saat menghentikan laju mobil (Tidak Blong). Terakhir cek juga fungsi rem tangan.

prepare-mudik3
- Pemeriksaan Ban
Perhatikan kondisi keausan dan umur ban. Jika telah melewati batas aman segera ganti, namun jika masih dalam keadaan baik pastikan tekanan ban sesuai dengan standar yang ditentukan. Perhatikan juga kondisi ban cadangan.

- Pemeriksaan Suspensi
Bagian ini tidak boleh terlupakan, karena fungsi dan kekuatannya sangat penting. Jika terasa keras ataupun per sudah terasa amblas (lemah), mounting rusak, secepatnya diganti sokbreker atau per-nya, lebih baik diganti langsung 1 set, karena perjalanan jauh dan beban berat pada mobil akan membuat kaki-kaki bekerja lebih ekstra untuk menjaga kestabilan dan menopang berat.

prepare-mudik4
- Spooring & Balancing Roda
Proses spooring dan balancing akan sangat berguna untuk mendapatkan kestabilan handling saat melaju pada kecepatan tinggi. Periksa juga bearing, tierod roda apakah masih bagus atau tidak, pastikan baut roda sudah kencang.

- Wiper
Periksa fungsi wiper beserta volume airnya, segera ganti karetnya jika telah rusak atau mengeras untuk menghindari kaca depan tergores.

- Lampu-Lampu
Pastikan fungsi lampu seperti : Lampu depan, belakang, rem, sein, mundur, hazard berfungsi dengan baik. Bila tidak ada lampu kabut, sebaiknya segera dipasang, karena lampu ini akan sangat berfungsi saat kondisi jalan sedang hujan deras dan berkabut, persiapkan juga bohlam cadangan untuk semua lampu.

Dari point yang telah disebutkan diatas, sebaiknya SO mania juga harus memperhatikan fungsi lampu indikator penting pada speedometer. Jangan lupa mempersiapkan tools untuk keadaan darurat, seperti: dongkrak, kunci roda, kunci pas, obeng, tang, tali plastik (1 gulung), kawat. Terakhir untuk SO mania jangan lupa membawa kotak P3K dengan isi yang lengkap dan alat komunikasi (Hand Phone / Handy Talkie) dan peta sebagai tambahannya untuk mencari jalur alternatif.

No comments: