Thursday, April 23, 2020

cara menggunakan aplikasi zoom, cara mudah menggunakan zoom, cara menggunakan zoom di hp android

CARA PENGGUNAAN APLIKASI “ZOOM”

UNTUK BELAJAR ONLINE

Pada kegiatan pembelajaran dalam jaringan (E-Learning), Dosen bisa mengoptimalkan perkuliahan dengan cara berinteraksi dengan mahasiswa secara langsung melalui jaringan. Salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan adalah aplikasi “Zoom”. Berikut panduan singkat penggunaan aplikasi “Zoom” dalam interaksi dosen terhadap mahasiswa.

1.         Unduh Aplikasi “Zoom” melalui laman https://zoom.us/download

 
2.         Kemudian Instal aplikasi “Zoom” Sesuai petunjuk (Disarankan untuk Install di Laptop atau Notebook). Karena pada saat interaksi, dosen dapat membuat screen layar pada laptop atau notebook yang akan dilihat oleh mahasiswa.
3.         Setelah install aplikasi “Zoom” dan melakukan registrasi pada aplikasi tersebut. Aplikasi akan menampilkan layar utama.
4.         Untuk melakukan interaksi dengan mahasiswa , dosen dapat membuat “Meeting” yang nantinya dapat mengundang mahasiswa dalam “Meeting” tersebut. Dengan cara dosen memberikan “ID Meeting” kepada mahasiswa (bisa melalui Web E-Learning untuk share ID Meeting nya). ID Meeting dapat dilihat pada tab “Meetings”. Seperti pada gambar berikut:
5.         Akan tampil “My Personal Meeting ID (PMI)” yang akan di bagikan kepada mahasiswa untuk
dapat masuk ke “Meeting” yang akan dibuat. Seperti gambar berikut:
6.         Untuk Memulai “Meeting” dengan interaksi antara dosen dengan mahasiswa, silahkan memilih menu “Meeting” dan klik tombol “Start”. (Pastikan Mahasiswa sudah diberikan ID Meeting).
7.         Akan tampil pada aplikasi jendela interaksi berupa tampilan tatap muka dengan didukung dengan suaranya beserta fitur yang bisa dimanfaatkan. Seperti tampilan berikut:
8.         Berdasarkan tampilan terdapat sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan untuk alat bantu
pada saat “Meeting”.
·           Mute :
Fitur yang berfungsi untuk mengelola mode suara (Mute / Unmute).


Pengguna bisa menonaktifkan suara nya dengan klik tombol “Mute”.

·           Stop Video :
Fitur yang berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tampilan video.



Pengguna bisa menonaktifkan tampilan video nya dengan klik tombol “Stop Video”.

Invite :
Fitur yang berfungsi untuk mengelola peserta yang akan diundang atau peserta yang akan bergabung.

Pengguna bisa klik tombol “Invite” kemudian akan ada pilihan mengundang melalui Contact atau Email.

·           Manage Participants :
Fitur yang berfungsi untuk mengelola peserta “Meeting” termasuk membisukan suara peserta dan mengaktifkan kembali suara peserta.
Pengguna bisa klilk tombol “Manage Participant” maka akan tampil menu 
pengaturannya. Peserta bisa di Setting untuk tidak bersuara, dengan klik tombol “Mute
All”. 

·            Share Screen :
Fitur yang berfungsi untuk membuat tampilan utama layar, dan juga akan terlihat pada
semua peserta “Meeting”.

Pengguna bisa klilk tombol “Share Screen” maka akan tampil menu untuk pengaturan membuat tampilan screen peserta mengikuti pengguna. Kemudian pengguna dapat memilih tampilan screen yang akan diterapkan, setelah itu klik tombol “Share”.


Setelah klik tombol “Share”, Tampilan Layar semua peserta akan berubah sesuai dengan
yang ditampilkan pengguna. Seperti pada gambar berikut:



·           Chat :
Fitur yang berfungsi untuk memuat percakapan atau diskusi tanya jawab, juga dapat dimanfaatkan untuk berbagi file.


Untuk memulai chat atau diskusi klik tombol “Chat”. Kemudian pengguna dan peserta
juga bisa berbagi file dengan klik “File” pada tampilan Zoom Group Chat.

·           Record :
Fitur yang berfungsi untuk merekam aktivitas “Meeting”.



Jika pengguna ingin merekam seluruh tampilan “Meeting”, dapat klik tombol “Record”
Chat.

·           Reactions :
Fitur yang brefungsi untuk memberikan komentar ekspresi.

Jika pengguna klik tombol “Reactions”, makan akan tampil pilihan komentar dengan
ekspresi.
·           End Meeting / Leave meeting :
Fitur yang berfungsi untuk menyelesaikan “Meeting” atau mengakhiri pertemuan.

Untuk  Mengakhiri  Meeting  atau  pertemuan, pengguna  bisa  klik  tombol “End Meeting”.

Demikian panduan penggunaan aplikasi “Zoom” dalam mendukung kegiatan pembelajaran dalam jaringan (E-Learning). Semoga Bermanfaat , Terima kasih.
Ini hanyalah contoh dan sebagai referensi ada kurang lebihnya mohon di coment untuk perbaikan bersama, jangan lupa comment jika bermanfaat untuk anda.

No comments: